Bibir Sumbing pada Bayi


Bibir Sumbing pada Bayi


Tiap orangtua pasti mendambakan buah hatinya lahir dengan keadaan sehat serta sempurna. Tetapi sayangnya ada Bibir Sumbing pada Bayi, terkadang terdapat balita yang hadapi cacat bawaan dikala lahir sehingga membuat fisiknya hadapi kekurangan. Satu dari sebagian keadaan cacat lahir pada balita ialah bibir sumbing. Memanglah sesungguhnya, apa pemicu bibir sumbing pada balita ini?

Bibir Sumbing pada Bayi merupakan kelainan wujud bibir yang dapat terjalin pada satu ataupun kedua sisi mulut. Bibir Sumbing pada Bayi ataupun yang pula diketahui bagaikan celah bibir ini berawal semenjak pertumbuhan balita masih terletak di dalam isi.

Bibir Sumbing pada Bayi terjalin kala jaringan pembuat bibir serta langit- langit mulut kandas menyatu sempurna. Perihal ini menyebabkan terjadinya celah ataupun terbelah pada bibir bagian atas alias langit- langit mulut.

Bibir Sumbing pada Bayi ialah kelainan berbentuk celah pada bibir atas. Celah ini dapat terjalin pada bagian langit- langit rongga mulut( cleft palate), dapat pula pada bagian bibir saja( cleft lip). Di sebagian permasalahan pula dapat terjalin pada kedua bagian. Tetapi pada biasanya, nyaris setengah permasalahan bibir sumbing mengaitkan celah pada bibir atas dan atap rongga mulut.

Kelainan ini bisa dikenal lewat prosedur USG dari trimester awal kehamilan. Dikala itu, Kamu dapat memandang bila terdapat kendala pada proses pertumbuhan zona wajah–termasuk langit- langit rongga mulut. Seperti itu sebabnya keadaan ini digolongkan bagaikan cacat semenjak lahir.

Penyembuhan Bibir Sumbing pada Bayi

Penyembuhan Bibir Sumbing pada Bayi bertujuan buat membetulkan keahlian makan serta minum anak, mengoptimalkan keahlian bicara serta mendengar, dan membetulkan tampilan wajah.

Bibir Sumbing pada Bayi dapat ditangani dengan melaksanakan sebagian kali pembedahan. Perihal ini bergantung pada luas serta lebar dari sumbing yang dirasakan oleh anak. Pembedahan awal umumnya hendak dicoba dikala balita berumur 3 bulan.

Tahapan saat sebelum operasi Bibir Sumbing pada Bayi

Saat sebelum pembedahan Bibir Sumbing pada Bayi, dokter hendak melaksanakan persiapan dengan memasang perlengkapan spesial di bibir, mulut, ataupun hidung anak. Perihal ini bertujuan buat tingkatkan hasil revisi bibir sumbing. Di dasar ini merupakan sebagian perlengkapan yang digunakan oleh dokter saat sebelum pembedahan bibir sumbing:

Lip- taping regimen, ialah sejenis perlengkapan yang digunakan buat menyatukan ataupun mempersempit 2 celah di bibir

Nasal elevator, ialah perlengkapan yang digunakan supaya celah tidak melebar hingga ke hidung serta menolong membentuk hidung bayi

Nasal- alveolar molding( NAM), ialah perlengkapan semacam cetakan yang berperan buat menolong membentuk jaringan bibir saat sebelum operasi

Tahapan operasi Bibir Sumbing pada Bayi

Pembedahan awal merupakan pembedahan Bibir Sumbing pada Bayi. Pembedahan ini bertujuan buat membetulkan bibir sumbing serta menutup celah bibir. Pembedahan ini dicoba dikala balita berumur antara 3–6 bulan. Dokter hendak membuat sayatan pada kedua sisi celah serta membuat lipatan jaringan yang setelah itu disatukan dengan metode dijahit.

Pembedahan kedua merupakan pembedahan langit- langit sumbing. Pembedahan kedua ini bertujuan buat menutup celah serta membetulkan langit- langit mulut, menghindari penimbunan cairan di kuping tengah, dan menolong pertumbuhan gigi serta tulang wajah.

Dokter hendak membuat sayatan pada kedua sisi celah serta menata ulang posisi jaringan serta otot langit- langit mulut, setelah itu dijahit. Pembedahan langit- langit sumbing dianjurkan buat dicoba pada dikala balita berumur 6–18 bulan.

Sehabis itu, pembedahan lanjutan buat langit- langit sumbing bisa dicoba pada umur 8–12 tahun.

Pembedahan lanjutan dicoba dengan mencangkok tulang buat langit- langit supaya menunjang struktur rahang atas serta artikulasi bicara.

Bila anak hadapi kendala pada Bibir Sumbing pada Bayi, hendak dicoba pembedahan ketiga. Pembedahan ketiga merupakan pembedahan pemasangan tabung kuping. Buat kanak- kanak dengan langit- langit sumbing, tabung kuping dipasang pada umur 6 bulan. Aksi ini dicoba buat kurangi resiko penyusutan rungu serta bisa dicoba bertepatan dengan pembedahan bibir sumbing ataupun pembedahan langit- langit sumbing.

Pembedahan keempat merupakan pembedahan buat membetulkan penampilan. Pembedahan bonus ini bisa jadi dibutuhkan buat membetulkan penampilan mulut, bibir, serta hidung. Pembedahan ini bisa dicoba dikala anak tiba umur anak muda hingga menjelang berusia.

Sehabis pembedahan, dokter hendak senantiasa melaksanakan pemantauan serta penyembuhan terhadap bibir sumbing. Pemantauan serta penyembuhan ini dianjurkan terus dicoba hingga anak berumur 21 tahun ataupun kala perkembangan sudah menyudahi.

Penyembuhan tambahan Bibir Sumbing pada Bayi

Tidak hanya pembedahan, dokter hendak membagikan pengobatan ataupun penyembuhan bonus. Tipe penyembuhan serta pengobatan yang dicoba hendak disesuaikan dengan keadaan yang dipunyai oleh anak. Sebagian tipe pengobatan serta penyembuhan bonus yang dapat diberikan merupakan:

Penyembuhan buat peradangan telinga

Penyembuhan ortodontik, semacam pemasangan kawat gigi

Melaksanakan pengobatan bicara buat membetulkan kesusahan dalam berbicara

Membagikan perlengkapan bantu dengar buat anak yang kehabisan pendengaran

Mengarahkan metode berikan anak makan ataupun memakai perlengkapan makan khusus

Anak dengan Bibir Sumbing pada Bayi bisa jadi hadapi permasalahan dalam emosi, sikap, serta kehidupan sosial sebab penampilannya yang berbeda ataupun sebab bermacam prosedur kedokteran yang wajib dicoba secara berkala. Buat mengatasinya, Kamu dapat bawa anak buat bertanya dengan psikolog.

Komplikasi Bibir Sumbing pada Bayi

Sebagian komplikasi yang bisa jadi bisa dirasakan oleh balita yang mengidap bibir sumbing merupakan:

Kendala pendengaran
Kendala perkembangan gigi
Kesusahan mengisap ASI
Kesusahan berdialog ataupun berbicara nantinya
Penangkalan Bibir Sumbing

Bibir Sumbing pada Bayi susah dicegah sebab penyebabnya belum dikenal secara tentu. Tetapi, bunda berbadan dua bisa melaksanakan sebagian langkah berikut buat merendahkan resiko terbentuknya bibir sumbing pada bakal anak:

Melaksanakan pengecekan genetik ke dokter bila terdapat anggota keluarga yang hadapi bibir sumbing

Melaksanakan pengecekan kehamilan secara tertib cocok agenda yang diberikan oleh dokter

Menempuh style hidup sehat sepanjang berbadan dua, semacam komsumsi santapan yang sehat serta bergizi balance dan memiliki asam folat, melindungi berat tubuh sehingga tidak hadapi kegemukan sepanjang kehamilan, tidak merokok, dan tidak komsumsi minuman beralkohol

Tidak memakai obat ataupun suplemen secara sembarangan, tanpa anjuran dokter

Bibir Sumbing pada Bayi Bibir Sumbing pada Bayi Reviewed by admin on July 30, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.