Si Kecil santap  dengan lahap dan terlihat  gemuk sehat tentu menciptakan  hati orang tua senang. Untuk menyokong  hal tersebut, ada sejumlah  jenis makanan super supaya  Si Buah Hati menjadi bayi gemuk dan sehat.



Ukuran perut dan organ pencernaan bayi masih paling  kecil, sampai-sampai  porsi makanan yang dikonsumsi tidaklah banyak. Bagi  itu, urgen  meyakinkan  makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuhnya kaya bakal  nutrisi, sampai-sampai  dapat menyokong  pertumbuhannya.

8 Makanan Super supaya  Bayi Gemuk Sehat - Alodokter

Namun ingat, lazimnya  bayi baru mulai diperkenalkan pada makanan padat, atau tidak jarang  disebut makanan pendamping air susu ibu (MPASI), di umur  6 bulan.

Agar bayi gemuk sehat, ada sejumlah  prinsip dalam menyajikan MPASI pada bayi, yakni  makanan me sti segar, berwarna-warni, serta memiliki pelbagai  tekstur dan rasa.

Makanan supaya  Bayi Gemuk Sehat

Berikut ini ialah  beberapa jenis makanan yang bisa  disajikan guna  menjadikan bayi gemuk sehat:

Brokoli
Brokoli berisi  tidak sedikit  serat, folat, dan kalsium. Sayuran hijau ini paling  baik guna  dijadikan sayuran kesatu  yang diusahakan  Si Kecil. Potong kecil-kecil dan kukus sampai  lembut supaya  bayi bisa  mengonsumsinya dengan mudah.
Pisang
Pisang gampang  disajikan dan praktis diangkut  ke mana-mana. Di samping  itu, kandungan karbohidrat dan seratnya pun  baik guna  tubuh bayi. Jika hendak  memberikan makanan super ini pada bayi, pilih pisang yang matang dan sajikan dengan teknik  dikerok atau dihaluskan. Jika Si Kecil sudah dapat  mengunyah, potong-potong dalam ukuran kecil supaya  mudah dikonsumsi.
Ubi
Ubi tidak sedikit  berisi  vitamin C, beta karoten, serat, kalium, zat besi, dan antioksidan. Rasanya yang manis menciptakan  bayi menyukainya. Ubi bisa  disajikan dengan teknik  dikukus sampai  matang kemudian  ditumbuk, atau diblender menjadi puree (bubur).
Alpukat
Buah ini kaya lemak sehat yang dapat  menunjang pertumbuhan  otak, selain pun  sebagai sumber kalori. Komposisi lemak dalam alpukat nyaris  serupa dengan komposisi lemak dalam alpukat nyaris  serupa dengan komposisi lemak dalam air susu ibu (ASI). Di samping  itu, alpukat pun  berisi  protein dalam jumlah tinggi, yang baik untuk perkembangan  bayi. Kedua kandungan berikut  yang menciptakan  alpukat dapat  menjadikan bayi gemuk sehat.
Bunda bisa  menyajikan alpukat matang yang telah  dihaluskan untuk  Si Kecil. Namun, tidak boleh  berikan alpukat secara berlebihan, sebab  buah ini cepat mengenyangkan.
Wortel
Di samping  mempunyai  rasa manis dan warna terang  yang menarik saat  disajikan, wortel pun  berisi  beta karoten yang baik untuk pertumbuhan  dan penglihatan bayi. Wortel bisa  disajikan dengan teknik  dikukus sampai  matang, lantas  dihaluskan, atau dibaur  dengan bubur bayi.
Jeruk
Jeruk yang kaya vitamin C dapat menyokong  pertumbuhan tulang, serta pembentukan otot dan jaringan tubuh lain. Vitamin ini pun  membantu penyerapan zat besi dari makanan, serta mengawal  kadar cairan tubuh tetap seimbang. Bagi  Si Kecil, Bunda bisa  memilih jeruk dengan rasa manis.
Telur
Kandungan utama telur ialah  protein, zinc, folat, dan sekian banyak   jenis vitamin yang penting untuk  pertumbuhan bayi. Kuning telur berisi  kolin dan omega-3 yang paling  berperan dalam perkembangan benak  bayi. Namun bila   Si Kecil mempunyai  riwayat alergi atau berisiko merasakan  alergi, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memberikannya telur.
Daging
Daging sapi, ikan, atau ayam adalah sumber protein, zat besi, zinc, dan omega-3. Agar tumbuh kembangnya optimal, bayi perlu mendapat   asupan protein dari daging secara teratur. Pastikan guna  menghaluskan daging sebelum disajikan pada bayi. kita  juga dapat  mencampur daging dengan sayuran yang sudah  dihaluskan dan ASI.
Jenis makanan sehat lainnya yang tidak kalah efektif dalam menciptakan  bayi gemuk sehat ialah  kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, sereal, dan susu. Akan tetapi, guna  susu sapi dan produk olahan susu, laksana  keju dan yoghurt, idealnya diserahkan  setelah Si Kecil berusia 1 tahun.

Selain memadai  nutrisi supaya  bayi gemuk sehat, penting pun  untuk selalu mengawasi  tumbuh kembang bayi. Gunakan Kartu Menuju Sehat (KMS) untuk menyaksikan  status gizinya, serta menilai apakah perkembangan  Si Kecil cocok  dengan usianya. Jangan lupa, kerjakan  pemeriksaan kesehatan secara teratur  di posyandu, puskesmas, atau dokter anak.
Reviewed by admin on March 07, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.